Wednesday, February 4, 2009

Apa itu DNS(Domain Name Server or System) ????

  • DNS (Domain Name Server/System) merupakan suatu system yang mengubah nama host (seperti linux.or.id) menjadi alamat IP (seperti 64.29.24.175) atas semua komputer yang terhubung langsung ke Internet.
  • Ia juga dapat mengubah alamat ip menjadi nama host.
  • Domain Name /Server/System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah computer ke IP address. Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet dimana DNS memiliki kelebihan seperti:-
    * Mudah, DNS sangat mudah kerana user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name (nama Komputer).
    *Konsisten, IP address sebuah komputer bisa berubah tapi host name tidak berubah.
    *Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di Intranet.

  • Contoh: diela.org merupakan subdomain dari domain org, dan id diela.org dapat membentuk subdomain dari domain diela.org .
  • Terakhir, bagian paling kiri dari bagian nama domain (biasanya) menyatakan nama host. Contoh: nama domain www.diela.org memiliki nama host "www".

No comments:

Post a Comment